Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan dokumen yang berkaitan
dengan standar prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk dapat
menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil
kerja yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang
serendah-rendahnya.
SOP biasanya terdiri dari manfaat, metode penulisan prosedur, kapan dibuat atau di revisi, dan dilengkap dengan bagan flowchart di bagian akhirnya.
Definisi Administrator
Definisi Sistem Administrator adalah
seseorang yang bekerja untuk memelihara dan mengoperasikan sebuah
sistem komputer atau jaringan yang berjalan setiap harinya disebuah
organisasi/perusahaan. Seorang sistem administrator bisa menyelesaikan
segala jenis persoalan mengenai komputer yang tentunya pengetahuannya
diatas rata-rata. Seorang technical support yang
bertanggung jawab penuh tentang sistem komputer, tugas utamanya adalah
memastikan sistem tetap berjalan lancar dalam memberikan pelayanan
kepada penggunanya.
Tugas seorang administrator adalah:
- Meng-install software dan hardware baru
- Mendukung dan memelihara server atau sistem komputer lainnya
- Merencanakan servis sistem yang masanya sudah habis atau tidak layak lagi
- Menambah user baru
- Konfigurasi hak akses
- Upgrade software
- Memberikan solusi setiap masalah yang ada
- Melakukan proses monitoring terhadap space harddisk dan melakukan backup file-file atau direktori yang penting.
Sumber :
http://senam-tangan.blogspot.com/2012/04/tugas-sistem-administrator.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar